Wednesday, November 29, 2017

RESEPI KUZI AYAM

SAFRON
uma-kuma atau safron (saffron) adalah nama untuk rempah-rempah dari bunga Crocus sativus ("bunga pacar"), sekaligus nama umum untuk tanaman Crocus sativus dari marga crocus famili Iridaceae.

Bunga kuma-kuma memiliki tiga kepala putik (stigma) yang terletak distal terhadap daun buah. Bagian tangkai putik, yang menghubungkan stigma dengan bagian bunga paling dalam, sering dikeringkan dan disebut safron yang dipakai sebagai bumbu masakan dan bahan pewarna.

RESEPI KUZI AYAM
BAHAN BAHAN
1 Kg Ayam potong 12
15 biji bawang merah (setelah goreng, ditumbuk halus)
1/2 cawan kismis
1/2 cawan badam potong memanjang

BAHAN PERAP AYAM
saffron
halia
bawang putih
garam
Potong kiub dan goreng:
hempedal ayam
hati ayam (rebus dulu), kalau suka
2 biji bawang besar

BAHAN TUMIS
6 bawang merah - Kisar
4 bawang putih - Kisar
4 sudu besar rempah kuzi
1 cawan minyak (campur minyak sapi)
1 tin susu cair
1 botol sos tomato del monte

PROSES MASAK
Panaskan minyak.  goreng bawang merah hiris, tos.  goreng bawang besar hingga kuning, tos.  goreng badam hingga kuning, tos. goreng kismis, tos.  goreng hempedal ayam, tos.  Akhir sekali goreng ayam separuh masak.

Dengan guna minyak yang sama, tumis bawang merah dan putih yang diblend hingga naik bau.  Masukkan rempah kuzi yang telah dicampur dg air.  Goreng hingga wangi.  Masukkan air, susu cair, sos tomato, kacau rata.

Masukkan bahan goreng yang lain spt ayam, bawang goreng tumbuk, badam, kismis, hempedal, bawang besar goreng.  masukkan gula dan garam.  Masak hingga agak pekat.


No comments:

Post a Comment